Ketua Komisi I: Ruang Digital Jadi Sarana Penunjang Kemajuan UMKM

Di tempat yang sama, Pengusaha Hidroponik dari Sumatera Utara, Mardhi Wardiansyah mengatakan dirinya mempromosikan usahanya melalui media sosial Instagram, Facebook dan Google Bisnis dengan nama akun Hidroponik Binjai.

“Cara ini sangat efektif, khalayak ramai mulai mengenal kami dan penjualan sayur kami meningkat,” ujarnya.

Tak berhenti disitu, usahanya kata Mardi merambah dengan menjual perlengkapan hidroponik dan jasa pembuatan instalasi tanam hidroponik.

Sementara itu, Fasilitator UMKM Micromentor Indonesia, Aulia Arfan menilai digital marketing sangat penting sebab transaksi perdagangan online di Indonesia cukup tinggi. “Dari data yang ada, tahun 2015 nilai perdagangan online mencapai Rp 288 triliun dan di tahun 2016 mencapai Rp 394 triliun,” katanya.***

Exit mobile version