Menkominfo Dorong Pers Adaptasi Kemajuan Teknologi Digital

“Saat ini di Indonesia pun kita melakukan melakukan roll out dan deployment 5G untuk merespons munculnya beragam teknologi, serta media digital yang baru misalnya metaversecloud computing, yang akan semakin mendorong pergeseran produksi maupun konsumsi di bidang komunikasi jurnalisme dan media,” katanya, dikabarkan dari antara.

Menurut laporan The New York Times yang Johnny himpun menyebutkan hampir sepertiga konten yang diterbitkan jurnalis Bloomberg News dibuat dengan bantuan kecerdasan buatan atau robot reporter.

Selain itu, The Huffington Post juga telah memanfaatkan big data sejak 2014 untuk mengoptimalisasi konten, mengautentikasi komentar, memastikan efektivitas iklan, mengatur penempatan iklan, hingga membuat personalisasi pasif.

“Ini studi dari Reuteurs Institute. Salah satu praktik sederhananya, big data digunakan untuk menentukan timing yang paling tepat, untuk menerbitkan satu artikel maupun platform apa yang paling sesuai untuk digunakan dalam menyebarkan artikel tersebut,” katanya.

Johnny mengatakan teknologi metaverse juga memungkinkan kemunculan model bisnis baru industri media. Ia menyebutkan contoh bahwa pada 2003 telah muncul platform second life atau komunitas virtual yang memungkinkan pengguna membuat avatar dan berinteraksi di dunia virtual.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *