Pelaku UMKM Didorong  Berinovasi Melalui Dunia Digital

Ketua Komisi I DPR RI Meutya Hafid dalam keynote speakernya pada acara webinar Ngobrol Bareng Legislator bertajuk Strategi Pengembangan UMKM Melalui Media Sosial, yang diselenggarakan di Jakarta, Jumat (10/3).

Berdasarkan data Kementerian Koperasi dan UKM, jumlah UMKM saat ini mencapai 64,2 juta, dengan kontribusi terhadap PDB sebesar 61, 07 persen atau senilai Rp8.573,89 triliun.

“Banyak contoh-contoh UMKM yang kemudian sukses ketika go digital, mereka memanfaatkan marketplace untuk berjualan, dan media sosial sebagai promosi. Sebab itu digitalisasi UMKM penting dilakukan agar usaha tak tertinggal dan dapat beradaptasi,” katanya.

Di tempat yang sama, Dosen Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Corry Novrica Sinaga mengatakan media sosial memiliki peran penting bagi pelaku bisnis dalam mempromosikan dan menjual produknya. Termasuk bagi pelaku usaha kecil atau UMKM.

Corry Novrica menegaskan dalam kegiatan pemasaran, penggunaan aplikasi media sosial juga memiliki peranan penting khususnya dalam penyebaran informasi dan promosi. “Yang populer itu biasanya Facebook, Instagram, Twitter atau Youtube,” ujarnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *