JAKARTA, Mediakarya – Direktur Eksekutif The Strategic Research and Consulting (TSRC) Yayan Hidayat mengungkapkan lima besar bakal calon presiden aktif berkampanye di media sosial jelang Pemilu 2024.
“Riset pemantauan marketing politik bakal calon presiden Pemilu 2024 di media sosial pada 7 Desember 2022 hingga 7 Februari 2023,” katanya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu.
Dia menjelaskan temuan riset itu mencatat Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto merupakan kandidat yang paling aktif melakukan belanja iklan di Facebook selama tiga bulan terakhir. Diperkirakan anggaran yang dikeluarkan Prabowo mencapai Rp1,47 miliar.
Kemudian disusul Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartanto yang mengeluarkan anggaran hingga Rp647 juta. Selanjutnya Ketua DPR RI sekaligus politikus PDI Perjuangan Puan Maharani mengeluarkan anggaran kampanye sebesar Rp223 juta.