MEDAN, Mediakarya – Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Yasonna H. Laoly mengatakan bahwa kekayaan intelektual terbukti ikut menjadi katalisator bagi nation branding sekaligus dapat mendukung kemandirian ekonomi suatu negara.
“Garam Ahmed Bali yang terdaftar sebagai produk indikasi geografis pada tahun 2016, misalnya, dapat meningkatkan harga jual serta membuka potensi ecotourism bagi Kabupaten Karang Asem, tempat asal dari garam Ahmed berada,” kata Yasonna saat Roving Seminar Kekayaan Intelektual oleh Seluruh Gubernur, Pimpinan Perguruan Tinggi, dan di Seluruh Kabupaten/Kota Sumatera Utara di Medan, Rabu.
Yasonna menyebutkan contoh lainnya dari pemanfaatan kekayaan intelektual (KI) yang menjadi nation branding Indonesia adalah penggunaan kain endek Bali oleh rumah mode Christian Dior pada gelaran Paris Fashion Week 2021.