Pembentukan Forum Kota Sehat Dinilai Sarat Dengan Kepentingan Politik

KOTA BEKASI, Mediakarya – Gerakan Lintas Utara Terpanggil (Geliat) menyoroti keberadaan Forum Kota Sehat yang dinilai telah melampaui kewenangannya dan seolah sebagai organisasi perangkat daerah (OPD)

Padahal, forum tersebut sifatnya sebagai lembaga sosial kemasyarakatan. Namun anehnya dalam acara seremonial kerap meminta dibuka oleh pejabat pemerintahan, baik itu dari tingkat Lurah hingga Kepala Daerah.

Ketua Geliat Kota Bekasi, Asep Riandi Melela menilai bahwa Forum Kota Sehat adalah bukan lembaga resmi dalam struktural Pemkot. Oleh karenanya, pihaknya mengimbau kepada masyarakat agar tidak terkecoh.

Apalagi ada oknum yang menyalahgunakan fasilitas Pemkot untuk kepentingan yang mengatasnamakan Forum Kota Sehat.

“Jangan disalahartikan, sehingga Ormas/Forum itu seolah-olah memerintahkan kepada lembaga kecamatan/kelurahan yang notabenenya adalah lembaga vertikal Pemerintahan. Jangan lantaran ketua forum tersebut merupakan istri Tri Adhianto yang merupakan mantan Wali Kota, lantas seenaknya menggunakan fasilitas Pemkot untuk kepentingan Forum,” tegas Asep kepada wartawan di Kota Bekasi, Kamis (23/11/2023).

Asep mengingatkan, bahwa fasilitas Pemkot itu dibiayai oleh APBD yang dipungut dari pajak masyarakat Kota Bekasi.

“Jadi tidak benar jika forum tersebut dibawa ke ranah politis apalagi hanya untuk mendukung bakal calon wali kota tertentu. Sebab fasilitas Pemkot itu milik masyarakat bukan perorangan maupun partai tertentu,” katanya.

Seharusnya, kata Asep, Forum Kota Sehat bisa menjadi mitra Dinkes, namun tidak boleh melebihi kewenangannya Dinkes itu sendiri.

“Karena Forum Kota Sehat yang mempunyai program adalah Dinas Kesehatan. Namun dalam hal ini hanya sebatas mendukung program Dinkes, bukan masuk kepada wilayah politik praktis. Oleh karena itu, publik berhak mengawasi kinerja Dinkes termasuk sikap netralitasnya dalam menghadapi Pilkada mendatang,”

Asep juga menyayangkan keberadaan Forum Kota Sehat Kota Bekasi yang dinilai sangat politis. Padahal forum tersebut sama halnya dengan forum/lembaga/dan atau organisasi-organisasi kemasyarakatan lainnya, untuk itu pemkot Bekasi harus diperlakukan sama.

“Tapi yang terjadi saat ini tidak demikian, Forum Kota Sehat saat ini mendapat priviliage dan mendapat perlakuan khusus lantaran diketuai oleh mantan istri Wali Kota Bekasi,” pungkasnya. *

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *