DKI  

Pengamat Apresiasi Inovasi Berkelanjutan Jakarta Smart City: Permudah Layanan Publik di Jakarta

“Kami di JSC juga selanjutnya mengembangkan dashboard yang dapat menggambarkan kondisi sosial ekonomi pada suatu wilayah kelurahan di DKI Jakarta dengan menu Profil 360 Warga Kelurahan. Melalui ini, harapannya pemerintah setempat dapat mengetahui statistik warga dan mengambil kebijakan berdasarkan data yang tersedia,” papar Yudhistira.

Master Data Management adalah implementasi pengelolaan data master yang dimiliki Pemprov DKI Jakarta, yang memungkinkan proses pengumpulan dan pembersihan data yang tersebar di berbagai instansi dan OPD. Kemudian, menjadi sumber data terpusat yang dapat dijadikan bahan pengembangan inovasi dan kebijakan.

Inovasi berikut, jelas Yudhistira, adalah pembuatan Akun Warga Digital, yakni pengembangan fitur identitas digital untuk warga pemegang Kartu Tanda Penduduk (KTP) Jakarta yang disematkan ke dalam aplikasi JAKI secara native.
Kerja keras dari seluruh personel JSC khususnya dalam 100 hari terakhir ini berujung sejumlah apresiasi ekternal. Beberapa trofi penghargaan yang berhasil diraih diantaranya Top 45 Inovasi Pelayanan Publik Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik di Lingkungan Kementerian/Lembaga, Pemerintah Daerah, BUMN, dan BUMD Tahun 2022, untuk inovasi JAKI dari Kemenpan RB, Innovative Government Awards 2022 (Kata Data), Apresiasi Daya Saing Digital kategori Best Practices Provinsi (East Ventures Digital Competitiveness Index 2022), dan Juara Inovasi Aplikasi Daerah Regsosek untuk inovasi JAKI (Bappenas).(Mm)

Exit mobile version