JAKARTA, Mediakarya РSatuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) optimistis industri lokal hulu migas tidak hanya laris manis di pasar domestik tetapi juga kian bisa merambah ke pasar internasional.

Kepala Divisi Pengelolaan Rantai Suplai SKK Migas Erwin Suryadi mengatakan kapasitas produksi beberapa pabrikan lokal saat ini lebih besar daripada permintaan yang tersedia di pasar domestik, sehingga jalan keluarnya adalah memasarkan produk-produk itu ke mancanegara.

“Kami melalui Forum Kapasitas Nasional sudah melakukan pemetaan di berbagai wilayah dengan hasil temuan beberapa perusahaan yang telah mengekspor produk ke luar negeri,” ujarnya dalam sebuah diskusi di Jakarta, Jumat.

Erwin menuturkan forum tersebut telah memberikan gambaran cukup jelas mengenai potensi pelaku usaha, khususnya penunjang hulu migas. Ternyata mereka memiliki potensi dan kemampuan tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) yang beroperasi di dalam negeri, tapi juga di luar negeri.