Wujudkan Indonesia Emas 2045, Pakar ITB: Sistem Logistik Nasional Butuh Penguatan

Ketua Pusat Pengkajian Logistik ITB, Titah Yudhistira.

BANDUNG,MediaKarya:  Kemajuan industri logistik dinilai sangat penting dalam menunjang perekonomian negara. Terlebih, untuk mewujudkan visi Indonesia emas 2045 diperlukan penguatan logistik nasional.

Begitu disampikan Ketua Pusat Pengkajian Logistik ITB, Titah Yudhistira dalam seminar Peningkatan Kinerja Logistik di Indonesia: Refleksi, Tantangan, dan Peluang Sistem Logistik Nasional di Aula Barat ITB, Jalan Tamansari, Kamis (25/7/2024).

Titah mengatakan, rencana aksi sistem logistik nasional (sislognas) dalam perpres 26/2012 telah ada sekitar 70 persen yang sudah dilakukan pemerintah dan 44 persen sudah tuntas diselesaikan.

Selain itu, pemerintah pun sudah berupaya berbagai inisiatif yang tertuang dalam program tol laut, INSW, NLE, dan pembangunan infrastruktur transportasi dan logistik yang masif.

“Tujuan sislognas yang ditargetkan dalam perpres itu kaitan erat dengan penurunan biaya logistik, ketersediaan komoditas pokok dan strategis, serta kesiapan menghadapi integritas pasar ASEAN yang belum sepenuhnya terpenuhi,” ucap Titah.

Titah menyebut, beberapa metrik semisal LPI, biaya logistik, dwelling time, dan lead time bisa menjadi indikasi performansi sislognas. Metrik-metrik ini bisa menjadi ukuran prestasi pencapaian atau sebaliknya.

Terpenting, metode pengukuran dan metrik-metrik yang bisa menggambarkan kondisi riil dan akar permasalahan sebenarnya.

“Nah, kaitan strategi pengembangan logistik nasional di bidang perhubungan, pemerintah mendorong transformasi digital, penggunaan multimoda single tarif, optimalisasi trayek tol laut, penguatan konektivitas dengan penetapan hub dan spoke, serta peningkatan aksesibilitas antarwilayah,” jelasnya.

Menurutnya, penguatan sislognas dapat dicapai melalui program penguatan ekosistem logistik nasional, program penguatan infrastruktur dan konektivitas, program peningkatan daya saing SDM dan penyedia jasa logistik, serta program transformasi digital layanan logistik.

“Terkait transportasi logistik laut, Indonesia dapat belajar dari Jepang, Uni Eropa, atau bahkan Filipina yang memiliki karakteristik geografis sama, yakni archipelago dengan waktu tempuh pelayaran rata-rata di bawah dua hari. Transportasi logistik antarpulau ini akan dapat lebih efektif dan efisien jika memaksimalkan penggunaan roro dan ropax,” tuturnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *