Ilmu Akademik, Skill, dan Peradaban Digital : Menjawab Tantangan Zaman

Sekjen LPKAN Abdul Rasyid. (Foto: Mediakarya)
  1. Disrupsi Teknologi dan Artificial Intelligence (AI): otomatisasi menggantikan pekerjaan rutin, sehingga kompetensi digital dan berpikir kritis menjadi keharusan.
  2. Persaingan Global: tenaga kerja dan pelajar bersaing secara internasional, menuntut penguasaan bahasa, literasi digital, dan budaya global.
  3. Krisis Etika dan Identitas: kemajuan teknologi tanpa nilai dapat menimbulkan alienasi sosial dan dehumanisasi.
  4. Peluang Inovasi: integrasi akademik dan skill membuka ruang bagi kewirausahaan sosial, riset terapan, dan ekonomi kreatif berbasis teknologi.

Bangsa yang hanya menjadi konsumen teknologi akan tertinggal. Sebaliknya, bangsa yang mampu menciptakan dan mengendalikan teknologi dengan nilai kemanusiaan akan memimpin peradaban.

Indonesia memiliki potensi besar menuju ke sana. Namun, diperlukan pergeseran orientasi, dari pendidikan yang menjejalkan hafalan menuju pendidikan yang menumbuhkan kemampuan berpikir kritis, empati, dan daya cipta. Transformasi digital bukan hanya soal infrastruktur, tetapi tentang pembangunan cara berpikir digital dan karakter kebangsaan yang adaptif.

Etika dan Spirit Peradaban

Kemajuan teknologi tanpa moral akan kehilangan arah. Peradaban sejati tidak diukur dari banyaknya gedung tinggi atau kecanggihan algoritma, tetapi dari seberapa manusiawi masyarakatnya.

Ketika pengetahuan dan keterampilan tidak dibingkai oleh nilai-nilai etika, maka inovasi bisa berubah menjadi destruksi. Albert Einstein pernah mengingatkan bahwa “kemajuan teknologi tanpa kemajuan moral hanya akan mempercepat kehancuran manusia.”

Pendidikan kita harus menumbuhkan harmoni antara ilmu, keterampilan, dan nilai. Guru dan dosen bukan hanya pengajar teori, tetapi penuntun moral dan teladan karakter.

Dalam konteks etika dan spirit peradaban, lembaga pendidikan harus bertransformasi menjadi laboratorium kehidupan, tempat menumbuhkan empati, kolaborasi, dan integritas, bukan sekadar tempat mencari nilai.

Membangun Generasi Pemimpin Peradaban

Membangun peradaban digital berarti menyiapkan generasi yang bukan hanya kompeten, tetapi juga berkarakter. Pendidikan nasional harus melahirkan manusia Indonesia yang berilmu luas, beketerampilan tinggi, dan berakhlak mulia.

Indonesia tak boleh puas menjadi pengikut arus global. Dengan kekayaan budaya dan semangat gotong royong, kita punya modal sosial untuk menjadi pelopor peradaban digital yang humanis.

Teknologi harus diarahkan untuk memperkuat solidaritas, bukan menumbuhkan individualisme, teknologi juga harus menjadi sarana memperluas akses keadilan, bukan memperlebar kesenjangan.

Generasi baru harus disiapkan menjadi pemimpin perubahan, bukan sekadar korban perubahan. Untuk itu, sinergi antara dunia akademik, dunia industri, dan nilai-nilai kebangsaan menjadi keharusan. Pendidikan tidak boleh tercerabut dari realitas sosial dan ekonomi masyarakat.

Penutup

Zaman telah berubah, dan kita tidak bisa menolaknya. Namun, kita bisa memilih cara meresponsnya, dengan kesiapan, bukan ketakutan. Dalam menghadapi perubahan dan perkembangan zaman ini, maka diperlukan strategi dalam membangunan peradaban diigital sebagai berikut :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *